5 Jenis Makanan Sehat Bergizi Yang Dapat Membantu Kekebalan Tubuh Terhindar Dari Virus COVID-19

  • Bagikan

Photo : Ilustrasi Makanan Sehat Cegah COVID-19

VIAKLIK.COM | Pada masa pandemi COVID-19 saat ini, para ahli dan dokter mengajak masyarakat untuk selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol secara teratur setelah menyentuh benda apapun yang ada tempat umum untuk memastikan kebersihan tangan terjaga.

Mengkonsumsi makanan – makanan bergizi dapat membantu sistem kekebalan tubuh kita agar dapat berfungsi dan bekerja secara optimal. Dimana, menjaga imunitas tubuh sangat penting dimasa pandemi COVID-19 saat ini. Dengan memiliki sistem imun yang sehat, kamu bisa terlindung dari berbagai macam penyakit, termasuk salah satunya virus corona atau COVID-19.

Disini VIAKLIK.COM akan berbagi informasi, jenis makanan apa saja yang mampu menambah imun tubuh untuk dapat mencegah COVID-19 :

1. YOGHURT

Mengandung probiotik alami, Yoghurt dinilai dapat membantu pembentukan bakteri baik dalam tubuh kita, untuk menangkal penyakit maupun Virus COVID-19.

2. KUNYIT

Kunyit memiliki warna khas yang terbentuk dari senyawa Kurkumin. Sesuai dengan temuan dari penelitian yang dilakukan pada hewan, senyawa kurkumin tersebut dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh dan memiliki sifat antivirus. Namun, hal itu masih memerlukan lebih banyak penelitian Rempah-rempah berwarna kuning ini dikenal akan sifat antioksidan dan antiinflamasi.

3. BAWANG PUTIH

Bawang putih merupakan makanan anti-virus alami yang bisa memberikan perlindungan dari gejala flu. Tidak hanya digunakan sebagai rempah dalam masakan, konsentrasi tinggi akan senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin, juga membuat bawang putih bisa membantu menambah kekebalan tubuh.

4. BUAH – BUAHAN ASAM

Buah – buahan asam, seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk lemon, dan grapefruit banyak mengandung Vitamin C. Saat sedang mengalami flu, kita mungkin sering disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi Vitamin C. Vitamin tersebut dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh kita. Orang yang sudah terinfeksi COVID-19 terkadang juga diberikan vitamin C melalui intravena.

5. BIJI BUNGA MATAHARI

Biji bunga matahari dinilai kaya akan nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B6 dan E. Dimana Vitamin E penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan. Nutrisi tersebut mampu menetralisir radikal bebas. Makanan lain yang juga dinilai kaya akan vitamin E, yakni buah alpukat dan jenis sayuran berdaun hijau gelap.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk menambah imun, agar dapat mengurangi dampak terpapar dari virus COVID-19., biila kamu mengalami gejala- gejala tertentu, jangan langsung panic, namun cobalah konsultasi atau periksakan ketenaga kesehatan terdekat disekitar kita. Selalu hindari keramaian, jaga jarak, dan usahakan untuk beraktifitas dari rumah.

Editor    : Redaksi VIAKLIK.COM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *