Cara Screenshot atau Tangkapan Layar di Komputer Tanpa Menggunakan Aplikasi

  • Bagikan
Photo : Ilustrasi Bermain Komputer

VIAKLIK.COM – Tutorial | Mungkin masih banyak yang bingung atau belum mengetahui bagaimana cara mengambil screenshot atau tangkapan layar di komputer desktop ataupun portable (laptop) tanpa harus melakukan foto menggunakan perangkat lain seperti kamera ataupun handphone. Atau mungkin barangkali dari kalian sudah pernah mencoba melakukannya dengan cara menekan tombol Print Screen (PrtScr) yang tersedia di papan tombol komputer kalian, namun tidak berhasil bahkan tidak terjadi sesuatu.

Dimana biasanya kalian menggunakan perangkat android untuk melakukan screenshot ataupun tangkapan layar, dengan cara menyentuh dan menarik layar handphone kalian dengan 3 jari, atau menggunakan tombol khusus di handphone kalian.

Nah, buat kalian yang sudah mengetahui dan berhasil melakukannya, kalian juga harus tahu kalau sebenarnya masih ada banyak kombinasi dan metode lain untuk mengambil screenshot ataupun tangkapan layar di komputer.

Berikut kami berikan informasi mengenai cara screenshot atau mengambil tangkapan layar di komputer yang mudah dan simpel menggunakan keyboard ataupun papan tombol yang bisa kalian coba.

Apa sebenarnya fungsi dari screenshot ?

Fungsi dari screenshot sendiri adalah untuk menyimpan gambar layar laptop atau computer PC kita. Dimana dari memahami makna kata screenshot, kita juga akan paham mengenai apa sebenarnya fungsi screenshot tersebut. Screenshot atau tangkapan layar banyak digunakan oleh orang orang yang sedang menulis atau memberitahukan tutorial dengan disertai gambar agar pembaca lebih paham tentang apa yang kita sampaikan.

Berikut merupakan cara mudah melakukan screenshot ataupun tangkapan layar :

  • Pilih objek yang akan diincar
  • Tekan Tombol ctrl+Prt sc sysrq pada keyboard anda seperti gambar dibawah ini :
Photo : Tombol Screenshot Pada Keyboard
  • Lalu buka aplikasi paint yang sudah tersedia di komputer anda.
  • Selanjutnya tekan ctrl+v pada aplikasi paint.
  • Terakhir simpan atau ctrl+s

Namun sebelumnya, kamu harus pastikan, bahwa system operasi yang kamu gunakan di komputer desktop ataupun laptop kamu, menggunakan system operasi dari Windows.

Nah, cukup mudah bukan ? Kalian juga dapat mencoba melakukan screenshot ataupun tangkapan layar dengan aplikasi yang banyak tersebar di internet.

Semoga artikel Cara Mudah Melakukan Screenshot atau Tangkapan Layar di Komputer Tanpa Menggunakan Aplikasi, dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan screenshot.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *