Kisi – Kisi Soal Ujian SKD CPNS Tahun 2021 Terbaru Sesuai Dengan Peraturan Kementerian Kemenpan-RB

  • Bagikan

VIAKLIK.COM – CPNS | Kemenpan-RB baru saja mengeluarkan Peraturan Kementerian, yang jumlahnya ada tiga peraturan. Dimana dari ketiga peraturan tersebut, salah satunya merupakan kisi-kisi soal CPNS 2021 yang nantinya bisa kamu pelajari.

Adapun Kisi-kisi soal CPNS 2021 tersebut, tertuang di dalam Permenpan RB 27/2021.  Dalam peraturan tersebut, terdapat tiga pasal yang membahas mengenai materi apa saja yang nantinya akan diujikan di dalam soal tes SKD pada ujian mendatang, baik itu TWK, TIU, maupun TKP.

Selain itu, KemenPAN-RB juga telah menetapkan ambang batas untuk formasi umum masing-masing tes yakni TWK 65, TIU 80, dan TKP 166.

Selanjutnya KemenPAN-RB menjelaskan, untuk soal tes SKD akan disediakan 110 soal dengan nilai maksimal 550. Sedangkan untuk batas waktu mengerjakan soal diberikan waktu 100 menit, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya diberikan waktu sekitar 90 menit.

Tes SKD ini merupakan tahapan lanjut dari rangkaian seleksi CPNS 2021 pasca melewati seleksi administrasi yang akan segera diumumkan pada tanggal 02 Agustus nanti.

Sedangkan untuk Ujian SKD berbasis komputer dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) sesuai dengan jadwal akan dimulai sejak tanggal 25 Agustus hinggal 04 Oktober 2021 nantinya.

Computer Assisted Test  (CAT) merupakan sebuah metode seleksi berbasis komputer yang dimana tujuannya untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar dalam seleksi CPNS.

Berikut Kisi-Kisi Soal Tes SKD CPNS 2021 :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dimana didalamnya terdapat 30 soal yang mencakup :

    – Nasionalisme
    – Integritas
    – Bela Negara
    – Pilar Negara
    – Bahasa Indonesia

2. Tes Intelegensia Umum (TIU) dimana didalamnya terdapat 35 soal yang mencakup :

    – Verbal
    – Numerik
    – Figural

3. Tes Karakteristik Kepribadian (TKP) dimana didalamnya terdapat 45 soal yang mencakup :

    – Pelayanan Publik
    – Jejaring Kerja
    – Sosial Budaya
    – TIK
    – Profesionalisme
    – Anti Radikalisme

Dari kisi – kisi diatas, ada satu materi yang pada tahun sebelumnya tidak ada, yakni materi anti radikalisme. Materi ini merupakan materi baru, dimana tujuannya untuk memperkuat anti radikalisme pada masing-masing peserta cpns.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *