Strategi Jitu Sukses Membangun Toko Online

  • Bagikan

Photo : Ilustrasi Toko Online

VIAKLIK.COM – Tips | Strategi Jitu Untuk Sukses Membangun Sebuah Toko Online. Saat ini membuat toko online tidak lagi sulit dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar bahkan bisa kamu buat secara gratis. Kamu dapat membuat blog/ web toko online dengan platform gratis dari Blogger/ WordPress.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana kemudian cara kita memasarkan produk tersebut ? Tentu saja apabila modal yang kamu punya itu sedikit, kamu akan merasa berat jika harus meng-iklankan produk kamu di situs pemasaran online, misalnya seperti Google AdWords, Facebook, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika kita akan membuat web/ blog toko online yang mengeluarkan modal sedikit ?

Silahkan simak ilustrasi sederhana berikut ini :

“Misalkan kamu seorang dosen yang mengajar mata kuliah tentang kesehatan. Jumlah mahasiswa kamu adalah 100 orang. Kebetulan selain kamu aktif mengajar di kampus, kamu juga aktif menulis buku teks yang relevan dengan mata kuliah yang kamu ampu.

Bagaimana caranya agar buku teks yang kamu tulis itu bisa laku?

Kamu tidak perlu menyuruh mahasiswa untuk membeli buku kamu, tapi hanya perlu memberikan informasi kepada mahasiswa bahwa materi ujian akhir semester yang keluar itu semuanya dari buku yang kamu tulis. Maka secara otomatis sebagian besar mahasiswa pada hari itu pula akan membeli buku kamu. Mungkin tidak semua mahasiswa membeli buku kamu. Tapi, paling-tidak 70% dari 100 mahasiswa tersebut akan membeli buku kamu.

Sama seperti hal nya ketika kamu ingin membangun sebuah toko online. Kamu tidak perlu ber-promosi kesana kemari, berkomentar spam dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu mencari palanggan yang loyal dan setia.

Caranya bagaimana ?

Ada beberapa tahap yang harus kamu lakukan untuk membanguna toko online. Trik ini tidak memerlukan modal yang cukup besar. Tapi butuh waktu, skill khusus, pengetahuan, dan lain sebagainya.

Berikut kami jelaskan Tips dan Strategi Membangun Toko Online yang Sukses Tanpa Modal :

1. Membuat Blog/ Web Niche

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat sebuah blog. Blog yang kamu bangun diharapkan sesuai dengan minat dan bakat kamu masing-masing. Tapi yang terpenting adalah relevan dengan toko online yang kamu bangun nantinya.

Misalnya kamu ingin berjualan Template Blogger Premium buatan kamu sendiri. Berarti web/ blog yang kamu buat ini yakni tentang Tutorial Blogging atau mungkin Web Desain.

Isilah blog kamu tersebut dengan konten yang menarik, informatif, dan berguna bagi pemirsa. Update blog kamu secara terstruktur, teratur, dan terorganisir secara sistematis. Silahkan kamu fokus terlebih dahulu pada membangunan blog niche. Jangan dulu memikirkan tentang toko online kamu. Namun, kamu hanya perlu memperbanyak posting artikel di blog. Semakin banyak artikel, semakin bagus.

2. Tingkatkan Trafik Blog

Langkah selanjutnya adalah meningkatkan trafik web/ blog. Caranya bagaimana ? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Misalnya dengan cara blogwalking, mengaplikasikan Teknik SEO secara tepat, menulis artikel berkualitas, dan lain sebagainya. Semakin tinggi trafik blog/ web kamu, maka akan semakin bagus.

Point ini memerlukan waktu yang cukup lama agar blog/ web kamu mempunyai trafik yang tinggi. Bisa 6 bulan, 1 tahun, atau mungkin bertahun-tahun. Itu semua tergantung dari kamu bagaimana caranya mengelola blog dengan baik dan benar.

3. Perbanyak Pengunjung Setia dan Loyal

Ada banyak cara untuk memperoleh pengunjung loyal blog. Misalnya dengan memanfaatkan jejaring sosial. Atau kalau di Blogger, yakni menggunakan Blogger Follower. Kalau di Facebook ada Fans Page dan masih banyak lagi.

Ketika kamu sudah mempunyai pembaca setia, maka kamu tidak perlu khawatir untuk mencari pemirsa kesana kemari. Melainkan kamu hanya perlu menyajikan artikel yang berguna untuk mereka secara terus-menerus dan jangan lupa untuk selalu men-share artikel kamu di jejaring sosial tersebut. Dan bukan tidak mungkin bahwa pemirsa blog/ web kamu akan selalu bertambah.

4. Membuat Toko Online Sesuai dengan Niche Blog

Setelah blog/ web kamu sudah mempunyai trafik yang tinggi dan sudah mempunyai pengunjung loyal. Kini saat nya kamu membuat blog/ web baru tentang toko online kamu. Usahakan produk yang kamu jual pada toko online tersebut itu sesuai dengan niche blog kamu. 

Bagaimana jika tidak sesuai ? Kalau kedua hal tersebut tidak relevan, maka produk kamu akan bakalan sepi pembeli.

5. Promosikan Produk pada Blog Sendiri

Setelah web/ blog toko online sudah kamu buat, dan trafik blog kamu sudah tinggi, misalnya 5000 pageview per hari, kini saatnya kamu mempromosikan toko online kamu di blog sendiri. Kamu bisa mempromosikan produk melalui iklan banner yang dipasang di sidebar blog atau mungkin membuat artikel yang mengarah kepada pembelian produk kamu.

Jika blog kamu mempunyai pengunjung setia, bukan tidak mungkin sebagian besar dari mereka akan membeli dagangan kamu. Karena kamu dan blog yang sudah kamu buat, telah dipercaya oleh mereka.

Segera sukseskan bisnis dalam toko online kamu dan rasakan manfaatnya segera.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *