Tips Hemat Ala Seorang Jutawan Kaya Raya

  • Bagikan
Photo (Karolina Grabowska/Pexels) : Ilustrasi Menghitung Uang Kertas

VIAKLIK.COM – Gaya Hidup | Jika saat ini kamu merasa terlalu boros, mungkin ini sudah saatnya kamu harus tegas terhadap diri sendiri. Apalagi kalau kondisinya lebih besar pasak daripada tiang.

Mungkin seperti perumpamaan, bagaikan ember yang bocor kecil, semakin lama dibiarkan, akan tetap menghabiskan air dalam ember. Semakin lama membiarkan kondisi ini, akan membuat kamu semakin terpuruk dan bukan tidak mungkin menjebak kamu pada hutang yang juga tidak terkendali. Kamu harus segera merubah gaya hidup, mengurangi biaya-biaya, dan membayar dengan uang tunai.

Beberapa tips berikut mungkin luput dari perhatian kamu. Daripada terus terjebak dalam kondisi keuangan yang kacau, yuk segera ambil tindakan untuk melakukan hal-hal berikut :

  1. Berbelanjalah sambil membawa daftar belanja. Dan tegaskan diri untuk membeli hanya barang-barang yang ada di daftar itu. Jangan mudah tergoda dengan diskon yang ditawarkan di mall. Percayalah, di dunia ini tidak ada yang gratis. Jika perlu ajak seseorang sebagai partner dan pengawas kamu, misalnya suami/ saudara/ teman. Minta dia untuk mengingatkan jika aktifitas belanja kamu sudah diluar batas.
  2. Catat semua pengeluaran setiap bulan secara detail. Ini cara yang sangat bagus untuk membangun kebiasaan-kebiasaan pengeluaran yang yang lebih baik. Sediakan satu buku pengeluaran kamu. Tulis semua pengeluaran rutin kamu tiap bulan, misalnya: membayar listrik, telepon, uang sekolah anak, iuran lingkungan, cicilan kartu kredit, dll. Kemudian tulis lagi pengeluaran harian kamu sampai yang terkecil, misalnya membayar parkir, atau membeli bakso yang lewat di depan rumah. Ini perlu dilakukan setiap hari. Di akhir bulan, kamu akan terkejut melihat betapa banyaknya kebocoran anggaran.
  3. Lakukan pembayaran hanya dengan uang tunai. Simpan semua kartu kredit di lemari. Jangan simpan dalam dompet. Intinya, jika kamu tidak punya uang, jangan beli! Jika tiba-tiba muncul keinginan untuk membeli sesuatu, tunggulah setidak-tidaknya minimal 10 hari. Kamu akan tahu apakah barang tersebut memang benar-benar kamu butuhkan.
  4. Jangan terlalu sering menarik uang di ATM. Lebih baik kamu langsung mengambil semua biaya hidup satu bulan, dan mengelolanya secara bijak. Terlalu sering ke ATM akan membuat kamu merasa masih memiliki uang tunai yang bisa dibelanjakan. Ini kurang baik untuk proyek penghematan kamu.
  5. Jaga kesehatan. Jaga pola makan yang sehat. Rajin-rajinlah berolah raga. Daripada harus membayar mahal untuk keanggotaan fitnes/ gym, kamu bisa melakukan olahraga murah seperti bersepada, jogging di sekitar rumah, berkebun, dll.
  6. Liburan hemat. Daripada harus memaksakan diri liburan ke tempat-tempat mahal, atau misalnya ke luar negeri, lakukan saja liburan hemat. Jelajahi tempat-tempat liburan setempat. Datangi tempat wisata bukan pada musim libur. Kamu akan menghemat hampir 50% budget liburan kamu.
  7. Depositokan pendapatan kamu secara teratur setiap bulan. Tanyakan bank kamu, apakah ada fasilitas auto debet langsung dari bank. Setelah itu, nyatakan pada diri sendiri, bahwa limit penarikan kamu sudah habis.
  8. Lunasi pinjaman yang bunganya paling mahal dahulu. Hindari pembayaran minimal untuk kartu kredit yang bunganya paling tinggi. Bayarkan sebanyak mungkin yang kamu bisa untuk hutang yang satu ini. Disiplinkan untuk melakukan itu setiap bulan.
  9. Ambil asuransi kesehatan. Kamu tidak bisa menghindari kondisi darurat medis untuk anggota keluarga. Apalagi jika masih ada anak yang kecil, yang rentan sekali sakit. Hidup tanpa asuransi sama saja kamu mengundang kehancuran finansial. Ini berbahaya. Karena biaya medis di kota-kota besar saat ini cenderung mahal. Asuransi medis tidak harus mahal koq. Fasilitas yang dikeluarkan pemerintah seperti BPJS, sudah sangat cukup untuk melindungi seluruh anggota keluarga. Preminya pun sangat terjangkau.
  10. Jangan memesan makanan paket jika di restaurant, kecuali memang benar-benah kamu butuhkan. Misalnya kamu tadinya akan memesan burger dan minuman. Tapi waitres menawarkan, jika menambah beberapa rupiah lagi, kamu bisa menikmati semangkok kentang goreng. Ingatlah: Didunia ini tidak ada yang gratis. Kamu akan membayar lebih mahal dari yang sebenarnya kamu butuhkan. Di sisi lain, kentang goreng tidak terlalu baik untuk kesehatan.

Sebagus apapun tips nya, proyek penghematan hanya tinggal proyek, jika tidak dijalankan. Yuk segera praktekkan, dan rasakan indahnya hidup.

Editor    : Redaksi VIAKLIK.COM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *