Tutorial Terbaru Cara Mendaftar Akun Gmail dan Membuat Channel Youtube

  • Bagikan

VIAKLIK.COM – Media Sosial | Membuat atau mendaftar Channel YouTube seperti yang sering kita lihat, ternyata tidak sesulit ataupun serumit yang kita bayangkan. Namun untuk membuat sebuah Channel Youtube itu menjadi populer atau dikenal banyak orang diperlukan usaha dan kerja keras.

Belakangan ini menonton video di Youtube menjadi salah satu tren yang  digemari banyak orang. Bahkan tidak sedikit orang menghabiskan waktu luangnya dengan menonton video di YouTube. Dimana pada masa pandemi saat ini, banyak orang yang membutuhkan hiburan bahkan juga mencari referensi pembelajaran di internet, salah satunya Youtube.

Salah satu faktor yang menyebabkan kenapa semakin banyak orang lebih menyukai menonton video YouTube dibanding menonton televisi, dimana saat ini akses internet sangat mudah didapatkan dan juga hampir semua orang memiliki smartphone.

Salah satu tujuan mengetahui tentang Cara Membuat Channel YouTube adalah, anda tidak lagi hanya sekedar menjadi penonton budiman, namun anda bisa menjadi seorang kreator yang dapat mengunggah sebuah video menarik yang anda buat sendiri, untuk ditonton orang banyak.

Sekarang pertanyaannya, apakah anda sudah siap untuk menjadi seorang kreator ? Kalau anda sudah siap, lalu bagaimana cara membuat akun ataupun channel YouTube ?

Namun sebelum lanjut membuat Channel YouTube , anda sebaiknya mengetahui apa saja manfaat membuat channel YouTube.

Berikut kami jelaskan manfaat Membuat Channel  YouTube, antara lain :

1. Mencadangkan dan Menyimpan Video

Youtube dapat menjadi sebuah drive penyimpanan awan (Storage Cloud) gratis. Dimana dengan menyimpan ataupun mencadangkan video di Youtube, anda dapat lebih muda untuk membukanya dimanapun anda berada dalam jangkauan koneksi internet. Bahkan anda dapat membagikannya kepada orang banyak dengan mudah kapanpun yang anda inginkan.

2. Sebagai Tempat Promosi

Mempromosikan sebuah produk tidak lagi harus dilakukan secara langsung, saat ini media sosial menjadi alat yang cukup potensial untuk melakukannya, salah satunya adalah Youtube. Disini anda dapat mempromosikan produk ataupun jasa kepada orang banyak tanpa harus keluar rumah. Cukup membuat video promosi yang menarik, maka kemungkinan produk anda akan menjadi terkenal dan dapat menghasilkan uang.

3. Menjadi Sumber Pendapatan Sampingan

Tidak hanya melalui produk yang anda jual anda dapat menghasilkan uang di Youtube. Namun ketika video anda telah populer dan ditonton banyak orang, serta telah memiliki banyak pengikut, maka anda dapat bergabung sebagai mitra youtube. Dimana pada video yang anda upload akan disisipkan iklan dan iklan tersebutlah yang akan menjadi sumber penghasilan dari youtube. Banyak orang yang telah menghasilkan uang ratusan, jutaan, bahkan milyaran Rupiah dari Youtube.

Kalau anda penasaran, berikut cara membuat Channel YouTube :

1. Daftar akun Gmail melalui Youtube

Buka situs https://www.youtube.com lalu klik Sign in di sudut kanan atas sampai Anda dibawa ke halaman masuk Google. Setelah itu, Klik Create Account/ Buat akun lalu klik For My Self/ Untuk Diri Sendiri. Anda akan diminta untuk mengikuti beberapa langkah, untuk mengisi kolom nama, password dan lainnya.

Setelah selesai mengikuti tahapan diatas, dan sudah memiliki akun Google, kemudian login atau sign in ke https://www.youtube.com dengan akun gmail yang anda buat tadi.

2. Membuat Channel Baru

Setelah masuk ke halaman YouTube dengan akun yang telah anda buat tadi, saatnya membuat channel YouTube.

Pada sudut kanan atas Klik gambar profil pengguna Anda, kemudian pada menu drop down pilih dan klik Settings. Pada bagian Account, klik Create a new channel/ Buat Channel Baru yang berada di bagian bawah Your Account/ Akun Anda.

Pada kolom yang disediakan isi informasi dengan nama depan dan nama belakang yang akan anda buat menjadi nama channel. Anda tidak perlu khawatir jika salah mengetik nama, atau berubah pikiran untuk mengganti nama channel youtube anda, sebab nama tersebut dapat diganti kapanpun anda mau.

Lalu klik Create channel dan selamat, sekarang anda telah memiliki Channel Youtube.

3. Melakukan kustomisasi untuk Mengoptimalkan Channel Youtube

Mengoptimalkan channel YouTube memudahkan banyak orang untuk menemukan anda. Anda bisa memulainya dengan mengisi detail atau deskripsi dasar tentang channel Anda.

Untuk memulainya anda dapat mengklik Custom channel dari beranda anda sehingga akan membuka halaman beranda channel Anda. Disebelah kanan atas, klik ikon roda gigi maka anda dapat menemukan berbagai pengaturan. Disana anda dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

4. Menambahkan Deskripsi ke channel YouTube.

Selanjutnya, anda bisa menambahkan deskripsi yang akan memberi tahu pengunjung channel anda (subscriber) tentang tujuan dan jenis konten video yang dipublikasikan.

Di bagian beranda channel YouTube klik pada tab About lalu klik Channel description.

Anda akan diminta untuk mengisi rincian deskripsi channel yang dapat Anda optimalkan dengan kata kunci agar lebih mudah ditemukan, informasi kontak dan lainnya.

5. Mengganti foto profil Channel Youtube

Foto profil atau logo anda dapat mempermudah pengguna YouTube untuk mengidentifikasi channel Anda saat menelusuri konten video. Foto profil ini juga akan muncul di bawah video YouTube pada saat diputar.

Anda dapat mengklik ikon pensil kecil pada foto profil di beranda channel YouTube anda. Kemudian anda dapat mengunggah foto profil anda lalu menyimpannya kembali. Anda bisa memilih menggunakan gambar yang tersedia atau mengupload gambar dari komputer Anda.

Ukuran persegi merupakan ukuran yang ideal untuk digunakan sebagai foto profil channel YouTube.

6. Menambahkan Gambar Sampul channel YouTube

Gambar sampul berada pada bagian atas beranda channel YouTube. Gambar sampul juga akan menjadi sebuah identitas channel Anda. Dimana pada gambar sampul anda dapat memberikan informasi dan keterangan singkat tentang channel anda.

Anda dapat mengganti gambar sampul dengan mengklik pada tulisan Add channel art atau Klik ikon pensil kecil di sudut kanan atas dan klik Edit channel art.

Lalu kemudian, upload foto dengan pilihan dari komputer, dari foto yang sudah ada atau dari gallery. Ukuran gambar sampul channel YouTube yang direkomendasikan adalah 2560 x 1440 piksel dengan kapasitas maksimal 6 MB.

7. Mengunggah Video dan Melakukan Optimasi Video.

Saat anda mengunggah video, anda harus mengoptimalkan video tersebuh pada saat diunggah. Dengan optimasi pada video, maka akan membantu pengguna menemukan video Anda.

Cara mengunggah/ upload video ke YouTube :

Klik tanda panah atau logo unggah video pada sudut kanan atas channel anda kemudian pilih video yang akan diunggah lalu klik Open untuk menambahkan.

Berikan keterangan yang mencakup semua informasi dari video tersebut, seperti judul, deskripsi dan tag.

Klik publish di atas kanan layar untuk mengupload, lalu jadikan sebagai publik, maka video Anda dapat dinikmati semua orang.

Seperti yang kita bahas pada tahapan diatas, mengenai pentingnya optimasi video youtube, maka berikut beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan channel YouTube saat mengupload video :

Judul

Disini anda harus memberikan judul yang jelas, singkat dan menarik, dan mampu mempengaruhi bahkan membuat seseorang penasaran, sehingga mengklik video anda. Karena hal pertama yang menarik perhatian seseorang ketika mencari video di YouTube adalah judulnya.

Deskripsi

Pada bagian ini, isilah dengan informasi penting, singkat, padat dan jelas, sesuai isi video anda. Deskripsi juga akan membantu orang untuk dapat menemukan video yang mereka cari.

Tag / Tagar

Tag dapat juga dapat membantu agar video anda mudah ditemukan. Caranya, masukkan kata atau kalimat seperti judul video pada kolom tag sesuai video anda. Atau anda dapat melakukannya dengan menggunakan situs tag generator.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *